KEINDAHAN PANTAI SUNDAK PENUH SEJARAH

Pantai sundak 

Berikut ini saya akan berbagi pengalaman yang saya tau tentang Pantai Sundak, juga di mana lokasi Pantai Sundak. Ataupun rute ke Pantai Sundak. Dan juga sedikit sejarah Pantai Sundak
Pantai sundak terletak di dusun Pulegundes, desa Sidoharjo, kecamatan Tepus . Pantai sundak ini memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Dan di balik keindahannya, pantai Sundak penuh sejarah.Pantai ini memiliki sejarah yang sangat panjang.Nama Sundak konon berasal dari nama dua binatang yaitu dari Asu (anjing) dan landak berikut ini ada singkat cerita sejarahnya pantai sundak.

Pada awalnya pantai Sundak bernama pantai Wedimbelah karena menurut cerita sesepuh setempat dahulu kala pantai Sundak memiliki fenomena alam yang aneh. Pada saat musim hujan datang ada aliran air dari darat menuju kelaut yang membelah pasir di pinggiran pantai sehingga tampak pantainya terbelah dua. Tapi pada saat saya bersama keluarga berwisata kesana keadaannya tidak seperti itu tapi mungkin pada saat itu dalah musim kemarau. Nah karena keadian itu pantai itu di beri nama pantai Wedimbelah (pasir terbelah) .
Namun saat ini nama pantai itu bernama pantai Sundak. dikarenakan konon menurut cerita penduduk setempat pada saat itu ada se ekor anjing (Asu) milik sesepuh setempat berkelahi dengan seekor landak di dalam goa sebelah timur  pantai dan goa itu masih dapat disaksikan sampai sekarang . Dan perkelahian itu dimenangkan oleh anjing. dari perkelahian anjing dan landak tersebut nama pantai Wedi mbelah di ubah menjadi pantai Sundak.
Keindahan alam pantai Sundak tidak kalah dengan pantai - pantai yang lain, Di sebelah timur pantai anda bisa melihat goa batu karang  yang menjadi tempat perkelahian antara anjing dan landak. Anda bisa masuk melintasi goa dan terdapat sumur yang menjadi sumber mata air warga setempat. Walaupun di pinggiran pantai air sumur tersebut tetap air tawar bukan air asin,
Untuk fasilitas pantai ,pantai sundak belum selengkap pantai baron. fasilitas nya ada ruang parkir .toilet umum , musshola , dll.
Tapi pantai ini belum tedapat penginapan . Apabia ingin menginap anda bisa menginap di pantai sebelahnya seperti pantai Kukub dan Baron. Yang jaraknya cukup berdekatan.

Untuk menuju ke pantai sundak anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan rue sebagai berikut.
Rute dari Jogja ke Pantai Sundak :
Jogja - Piyungan - Patuk - Sambipitu -
Lanud TNI Gading - Siyono - Bundaran
Tugu BPD lurus ke timur - Wonosari - Jalan
Baron - Tanjungsari - Pos Retribusi
Kawasan Pantai Gunungkidul - Pantai Sundak





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »