Pantai sadeng pantai pelabuhan yang indah

Pantai sadeng pantai pelabuhan yang indah


 Pantai sadeng Gunung kidul terletak di desa pucung, kecamatan Girisubo atau 83 km dari pusat kota Jogjakarta.Pantai ini merupakan pelabuhan ikan yang bertaraf nasional.karena itu di sana melimpah akan tangkapan hasil lautnya.seperti ikan,lobster yang bahkan banyak di exspor ke manca negara.jadi bagi anda pemburu seafood segar cocok banget deh kesana.

Pantai sadeng juga di sebut pelabuhan sadeng, karena apabila anda berwisata kesana anda akan disuguhkan pemandangan berupa aktifitas nelayan .Pantai pelabuhan ini dibuka tahun 1983.  Menurut cerita penduduk setempat ada segrombolan nelayan dari gombong yang berlabuh kesana dan karena tangkapan hasil laut melimpah mereka memutuskan untuk menetap disana. Kemudian pada tahun 1986 dibangun tempat pelelangan ikan. Karena hasil laut pantai ini melimpah membuat pelabuan ini semakin berkembang dan maju seperti sekarang ini.

    Konon pantai sadeng merupakan muara sungai bengawan solo purba. Ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa pantai ini merupakan sebuah muara sungai karena apabila anda berwisata kepantai ini dalam perjalanan anda akan menjumpai sebuah lembah yang di apit dua perbukitan yang berjejer memanjang. Tepatnya ketika anda sampai ke desa Giri subo.Dan lembah ini menuju ke pantai sadeng. Nah konon lembah inilah yang merupakan bekas aliran sungai.Yang saat ini di manfaatkan penduduk sekitar untuk bercocok tanam dan bertani yang merupakan sumber penghasilan penduduk setempat.
    Untuk menuju kepantai ini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan tiket masuk 3000 rupiah per orang. Seperti obyek wisata pantai Gunung kidul yang lain fasilitas yang ada di pantai ini adalah parkir yang cukup luas. Di pinggiran pantai berjejer warung klontong,warung makan yang menyediakan seafood segar.Ada kamar mandi umum dan lain - lain. Agar lebih menarik mari kita simak foto berikut.
Rute Pantai Sadeng dari Jogja:
Jogja - Piyungan - Patuk - Sambipitu - Lanud TNI AU Gading - Siyono - Wonosari - Semanu- Rongkop - Girisubo - Desa Pucung Girisubo - Pantai Sadeng



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »