Sepenggal cerita rakyat Gunung Nglanggeran

Sepenggal cerita rakyat Gunung Nglanggeran


Nah sekarang saya akan bercerita tentang legenda gunung api purba nglanggeran. Atau cerita rakyat gunung nglanggeran yang masih turun temurun hingga sekarang. Dan juga mitos - mitos yang berkembang di gunung nglanggeran.
Cerita berawal dari asal gunung nglanggeran menurut legenda.
Dahulu kala Gunung nglanggeran konon berasal dari gunung Merapi. Atau merupakan puncak gunung Merapi. Tetapi pada suatu ketika Hanoman ( kera putih dalam tokoh wayang) ingin menggapai bintang dilangit tetapi tidak kesampaian. Kemudian Hanoman naik dan berdiri di puncak gunung merapi tetapi tetap tidak sampai.dan akhirnya puncak gunung tersebut di tendang (dipancal) sehingga terlempar.

Kemudian Punakawan(Semar,Petruk,Gareng,Bagong dalam tokoh wayang) berhasil menangkap puncak gunung tersebut. Setelah itu para Punakawan hendak memboyong puncak gunung tersebut ke selatan. Namun dalam perjalanan tepatnya di desa nglanggeran alat pemikul yang berupa kayu jarak patah di karenakan bongkahan batu tersebut sangatlah berat. Bahkan karena beratnya bisa membuat tanah tempat Punakawan berpijak menjadi retak. Hingga retakan tanah tersebut mengeluarkan air sehingga banyak sumber air di tempat tersebut Dan perjalananpun tidak bisa di lanjutkan. Maka gunung tersebut tetap berada disitu hingga sekarang.( namanya juga cerita rakyat/ dongeng, yang benar saja masak ada sih yang kuat mengangkat gunung he..he..).

Selain itu pegunungan di gunung nglanggeran memiliki nama-nama yang unik
di antaranya
Gunung kelir .Di sebut gunung kelir karena bentuknya seperti kelir( tempat memainkan wayang kulit)dan di gunung ini konon merupakan tempat tinggal Ongko wijoyo( salah satu tokoh wayang) dan tempat tinggalnya para Punakawan.

Gunung blencong. Karena bentuknya tampak seperti blencong dan konon merupakan alat penerangan raden Ongko wijoyo saat sedang berkumpul bersama para Punakawan.

Gunung bongos. Konon katanya tempat untuk meletakkan blencong. Dan warnanya yang hitam seperti gosong makanya dinamai gunung bongos.
Gunung buchu bentuk yang runcing seperti buchu.
Gunung gedhe karena gunung ini yang paling besar sehingga di namai gunung gedhe.
Selain nama gunung ada juga nama yang unik dari beberapa sumber air di gunung nglanggeran, di antaranya adalah.
Telaga wungu. Yang konon katanya Tidak sembarang orang bisa menemukan keberadaan mata air ini. Karena Telaga ini konon merupakan tempat mandinya widodari( bidadari) sehingga hanya orang orang yang bersih dan mendapat wahyu yang bisa menemukan keberadaanya.
Telaga mardhido yang katanya merupakan tempat pengguyangan( memandikan) kuda sembrani( kuda putih bersayap danbisa terbang) , yang merupakan tunggangan para bidadari.
Comberan. Yang konon bisa membuat awet muda apa bila kita membasuh muka di sana.
Selain itu masih ada lagi mitos yang lain seperti.
7 kepala keluarga di gunung nglanggeran yang menurut cerita penduduk setempat bahwa yang tinggal di gunung nglanggeran harus berjumlah 7 keluarga. Tidak boleh lebih , tidak boleh kurang apabila di langgar bisa terjadi hal-hal buruk yang tidak di inginkan. Lau apabila ada anggota keluarga yang sudah menikah dan menjadi kepala keluraga maka harus pindah dari gunung nglanggeran. Di karenakan harus 7 kepala keluaraga yang karus tinggal disitu. sebenarnya masih banyak yang unik di gunung ini tetapi.hanya ini yang saya ketahui. Apabila ada yang kurang dalam tulisan saya ini daya mohon maaf. Dan terimakasih telah berkunjung.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »