PANTAI POK TUNGGAL: INDAHNYA BERASA INGIN TINGGAL

Pantai Pok tunggal

Saya ingin berbagi sedikit artikel mengenai pantai Pok tunggal.
Semoga bermanfaat bagi anda yang berwisata ke pantai ini. Agar lebih tau dimana Lokasi pantai Pok tunggal, atau Rute ke pantai Pok tungal.
Pantai pok tunggal adalah tempat tujuan wisata yang masih tergolong baru di kawasan Gunung kidul. Pantai yang masih " perawan " Atau belum banyak terjamah oleh para wisatawan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Bagaimana tidak, Kebersihan pantai yang selalu terjaga dan udara yang segar serta pemandangan yang eksotis di tawarkan oleh pantai Pok Tunggal.Lalu bagaimanakah suasana panorama alam di pantai Pok tunggal ?. Nah kita simak ulasan berikut .
Pantai pok tunggal berlokasi di desa Tepus, kecamatan Tepus,kabupaten Gunung kidul. Jaraknya cukup berdekatan dengan pantai Sundak dan pantai Indrayanti. Atau berjarak sekitar 2,5 km dari pantai Indrayanti. Jadi bagi anda yang sedang berlibur ke pantai Indrayanti bisa sekalian mampir ke pantai Pok tunggal. Dan tentu saja panorama alam atau Keindahan alam pantai Pok tunggal tidak kalah dengan pantai- pantai Gunungkidul yang sudah lama terkenal.
Begitu anda memasuki kawasan pantai Pok tunggal anda akan disuguhkan dengan Udara yang sejuk, hamparan pasir putih dan air yang cukup jernih walaupun ombak di pantai ini memang tergolong cukup besar . Di sisi timur dan barat berdiri tebing yang tinggi danberdiri kokoh seakan menjadi benteng yang kokoh untuk pantai. Birunya air laut di sapu ombak yang memutih yang bergulung - gulung seakan menyambut kedatangan anda.

Selain itu yang menarik dari pantai ini adalah di bibir pantai Pok tunggal tumbuh pohon duras . atau satu-satunya pohon yang berada di bibir pantai ini. Yang menjadi ikon dari pantai Pok tunggal. Bahkan ada larangan bagi siapapun tidak boleh memanjat pohon ini. Di karenakan pohon ini sulit tumbuh dan larangan itu untuk menjaga kelestarian pohon tersebut. Cukup menarik bukan, berikut foto dari pohon duras.

Masih ada yang lain lagi yang menarik dari pantai pok tunggal. Yaitu adanya sebua tuk( sumber mata air tawar) yang berada di pinggir pantai ini. Yang sekarang sumber air tersebut di gunakan masyarakat setempat. Bahkan ada satu cerita penduduk setempat yang mengatakan nama pok tunggal berasal dari tuk tersebut .berikut definisinya. Pok atinya tuk, tunggal artinya satu. Jadi nama pk tunggal artinya satu satunya tuk yang berada disitu. Tapi katanya sih masih ada cerita yang lain mengenai nama pantai tersebut. Nah mengenai tuk tersebut berikut ini gambarnya.

Pantai pok tunggal memang menawarkan sejuta pesona keindahan. Selain itu kerapihan dan kebersihan pantai selalu terjaga untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Bahkan untuk menjaga kebersihan pantai pihak pengelola pantai menerapkan denda Rp 10.000,- bagi pengunjung yang membuang sampah sembarangan.
Untuk menikmati keindahan pantai Pok tunggal anda bisa sambil berteduh di gasebo payung yang memang di sediakan oleh pihak pengelola pantai. Dengan biaya sewa yang masih tergolong murah yaitu sebesar Rp 20.000,- . Dan apabila anda belum puas seharian dan ingin bermalam di pantai Pok tunggal anda juga bisa menyewa sebuah tenda dome, dengan biaya sewa Rp 60.000,- .menarik bukan. Nah bagi anda yang belum mengetahui rutenya anda bisa mengikuti rute berikut ini.
Rute pantai Pok tunggal dari jogjakarta:
 Patuk -> Sambipitu – Hutan Bunder – Wanagama – Gading –
Logandeng – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi – Jalan Lingkar
Selatan – Jl. KRT Djojodiningrat – Jalan Girisubo – Wonosari – Jalan Saptosari –
Tepus – Pok Tunggal.





  • Mungkin ini dulu yang bisa saya sampaikan ada kurang lebihnya saya mohon maaf .terima kasih telah berkunjung

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »