Gunung api purba Nglanggeran

Gunung api purba nglanggeran


Saya akan bercerita sedikit yang saya tahu tentang Gunung Nglangeran. Tentang lokasi Gunung Nglanggeran. Maupun rute menuju gunung nglanggeran. Ataupun mitos yang berkembang di Gunung Nglanggeran.
Gunung Nglanggeran adalah sebuah objek wisata alam yang sudah cukup terkenal di Gunung kidul. Ada yang menyebutkan Gunung Glanggeran ini adalah gunung api purba.Gunung nglanggeran berlokasi di Desa nglanggeran, kecamatan pathuk,kabupaten Gunung kidul atau sekitar 20 km dari kota Yogyakarta.Bagi anda pecinta wisata alam tempat ini sangat cocok untuk tujuan wisata anda. Tempat wisata ini juga menyeduiakan spot panjat tebing, jadi bagi yang hobi panjat tebing di sini sngat cocok.
Pertama kali masuk ke objek wisata ini anda akan menjumpai sebuah bangunan joglo berupa pendopo. Pendopo tersebut adalah pendopo kalisanga.Setelah dari sini Kemudian anda akan melanjutkan perjalanan melewati jalan setapak. Nah dari sini pendakian di mulai. Jalanan terjal,lorong yang sempit akan anda lalui untuk mencapai puncak gunung api purba nglanggeran.

Terdapat 3 gardu pandang di gunung nglanggeran. Gardu pandang paling bawah,tengah,dan di puncak. Dan anda bisa beristirahat sejenak untuk menghilangkan rasa capek dalam pendakian. Tetapi rasa capek seakan terbayar lunas ketika anda sampai di puncak gunung.
Gunung nglanggeran adalah deretan pegunungan memanjang tampak seperti bongkahan batu raksasa yang berjejer. Dan pegunungan yang berjejer itu memiliki nama-nama yang unik. Dan di antaranya adalah Gunung gedhe,gunung bongos,gunung buchu,Gunung blencong,gunung wayang,dan gunung kelir.Yang masing- masing memiliki sepenggal cerita rakyat sebagai pengiringnya. Gunung nglanggeran memiliki dua buah puncak, di sisi timur dan barat sedangkan di tengahnya berupa kaldera sehingga anda akan merasa takjub dengan keindahannya.
Gunung nglanggeran juga memiliki beberapa sumber air yang sangat unik. Di antaranya adalah Telaga wungu,Telaga mardhido, Talang kencono,comberan dan uniknya lagi setiap sumber juga memiliki sepengal cerita rakyat yang masih di percaya hingga sekarang.Ada banyak mitos ataupun cerita rakyat yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Yang bisa anda baca di Sepenggal cerita rakyat gunung Nglanggeran.
Berikut ini ada sedikit cerita tentang asal-muasal gunung api purba nglanggeran.
Gunung nglanggeran konon dahulu kala berasal dari gunung Merapi. Atau merupakan puncak gunung Merapi. Tetapi pada suatu ketika Hanoman ( kera putih dalam tokoh wayang) ingin menggapai bintang dilangit tetapi tidak kesampaian. Kemudian Hanoman naik dan berdiri di puncak gunung merapi tetapi tetap tidak sampai.dan akhirnya puncak gunung tersebut di tendang (dipancal) sehingga terlempar.
cerita masih berlanjut dalam Sepenggal cerita rakyat gunung Nglanggeran.
Untuk sampai ke Gunung api purba nglanggeran tidaklah sulit. Dari arah Yogyakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi anda bisa mengikuti rute berikut:
 Dari arah Yogyakarta rutenya = Ring road timur –
Perempatan Jalan Wonosari – Jalan Wonosari –
Bukit Bintang – Radio GCD FM – Ada Perempatan
belok kiri – Stasiun Relay Indosiar, Desa Ngoro-ngoro
– Puskesmas Pathuk II – Belok kanan – Desa
Nglanggeran.






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »